Pembatalan Tiket Kereta Tanpa Rasa Khawatir: Manfaatkan Access by KAI

Stasiun Gambir
Stasiun Gambir

Kereta api kini telah menjadi salah satu pilihan transportasi favorit masyarakat untuk perjalanan. Keberhasilan Kereta Api dalam menarik minat masyarakat terletak pada ekonomis dan efisiennya, menghemat waktu perjalanan, serta kebebasan dari kemacetan berkat jalur khusus Kereta Api. Semakin banyaknya pengguna aplikasi seluler juga turut mendukung, terutama dalam pemesanan tiket secara online, menjadikan kereta api semakin diminati oleh masyarakat.

Access by KAI adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyediakan berbagai layanan terkait perjalanan kereta api di Indonesia. Aplikasi ini telah dirilis pada tanggal 10 Agustus 2023, memenuhi kebutuhan penumpang untuk perjalanan antarkota, lokal, LRT, Commuter Line, bandara, dan kereta cepat. Ada Langkah Mudah Batalkan Tiket Kereta via Aplikasi.

Jika tiba-tiba Anda perlu membatalkan atau menunda perjalanan, Anda dapat melakukan pembatalan secara online melalui aplikasi Access by KAI. Ini memudahkan calon penumpang tanpa harus repot ke stasiun untuk membatalkan tiket. Mengutip informasi dari akun Instagram resmi KAI pada Minggu (14/1/2024), berikut adalah langkah-langkah pembatalan tiket kereta melalui aplikasi Access by KAI:

Cara Membatalkan Tiket Kereta via Access by KAI:

  1. Buka aplikasi Access by KAI.
  2. Pilih menu “Tiket Saya” pada halaman utama.
  3. Pilih tiket atau kode booking yang akan dibatalkan.
  4. Pilih menu “Kelola Pesanan Anda.”
  5. Pilih menu “Pembatalan.”
  6. Pilih daftar penumpang yang ingin dibatalkan (semua/sebagian penumpang).
  7. Klik “Batalkan Perjalanan.”
  8. Informasi terkait biaya pembatalan dan dana yang akan dikembalikan akan ditampilkan.
  9. Klik “Batalkan Perjalanan.”
  10. Setelah muncul halaman pengembalian dana, pilih “Rekening Bank” atau “E-Wallet.”

Baca Juga : Berikut adalah jadwal kereta api Prameks Jogja-Kutoarjo PP untuk pekan ini, 12-18 Juni 2023

Melalui rekening bank: pilih nama bank, masukkan nomor rekening bank, klik verifikasi. Melalui e-wallet: pilih e-wallet yang tersedia, masukkan nomor ponsel yang terdaftar di e-wallet, klik verifikasi.

  1. Pastikan data pengembalian melalui rekening bank atau e-wallet sudah sesuai, lalu klik “NEXT.”
  2. Jika sudah sesuai dan yakin akan pembatalan, klik “YA, LANJUTKAN.”
  3. Tiket kereta berhasil dibatalkan.

Sebelum membatalkan, pastikan tiket Anda memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Nomor identitas pemilik akun (pemesan tiket) dan/atau calon penumpang lain dalam satu kode booking harus sesuai dengan nomor identitas di tiket.
  2. Jadwal perjalanan KA yang akan dibatalkan paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan KA yang dipesan.
  3. Status tiket lunas dan belum dicetak sebagai boarding pass/e-boarding pass.
  4. Pembatalan tiket KA lokal hanya dapat dilakukan di stasiun.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *