Sekilas Stasiun Tugu dan Lempuyangan di Jogja

Sekilas Stasiun Tugu dan Lempuyangan di Jogja
Lokomotif Tunggal Bolak Balik di Timur Stasiun Lempuyangan - Pindah Lintasan @NunuKereta

Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan terletak di Yogyakarta, dan keduanya dibangun pada masa pendudukan Belanda di Indonesia. Nama Stasiun Tugu Yogyakarta di KAI Access adalah Yogyakarta (YK), sementara Stasiun Lempuyangan dikenal sebagai Lempuyangan (LPN). Hingga kini, kedua stasiun tersebut tetap berfungsi sebagai tempat pemberhentian kereta api. Apa perbedaan antara Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan? Berikut penjelasannya:

Stasiun Tugu

Stasiun Tugu, atau Stasiun Yogyakarta, adalah stasiun utama di Kota Yogyakarta. Stasiun ini melayani perjalanan kereta api kelas eksekutif dan bisnis yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa. Selain itu, Stasiun Tugu juga melayani KA Bandara, KRL Solo-Jogja, dan Prameks. Terdapat dua pintu masuk di stasiun ini, yaitu pintu timur di Jalan Margo Utomo 1, Gedongtengen, Yogyakarta 55271, dan pintu barat di Jalan Pasar Kembang (pintu selatan) Sosromenduran, Gedongtengen, Yogyakarta 55271. Stasiun Tugu merupakan salah satu stasiun kereta api tertua di Indonesia, yang mulai dioperasikan pada tanggal 2 Mei 1887, setelah Stasiun Lempuyangan.

Baca Juga : Pemandangan Unik Stasiun Rewulu: Ketika Kereta Api ‘Bertatap Muka’

Stasiun Lempuyangan

Video : Lokomotif Tunggal Bolak Balik di Timur Stasiun Lempuyangan – Pindah Lintasan | Youtube @NunuKereta

Stasiun Lempuyangan berjarak sekitar satu kilometer ke arah timur dari Stasiun Tugu. Alamatnya berada di Jalan Lempuyangan No 1, Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stasiun ini melayani pemberhentian semua kereta api kelas ekonomi yang melintas di Yogyakarta serta perjalanan KRL Solo-Jogja. Stasiun Lempuyangan adalah stasiun pertama yang dibangun di Yogyakarta oleh Staats Spoorwegen (perusahaan kereta api dan trem di Hindia Belanda), dan diresmikan pada tanggal 2 Maret 1872 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

baca Juga : Jurusan Informatika di Jogja: Memikat Hati Calon Mahasiswa

Jarak ke Malioboro

  • Stasiun Tugu ke Malioboro: Stasiun Tugu berjarak kurang lebih satu kilometer dari Malioboro, dengan waktu tempuh sekitar tujuh menit. Penumpang dapat berjalan kaki atau menggunakan becak yang tersedia di sekitar stasiun. Jika menggunakan kendaraan online, jaraknya mungkin lebih jauh karena rute yang memutar.
  • Stasiun Lempuyangan ke Malioboro: Stasiun Lempuyangan berjarak sekitar 2,3 kilometer dari Malioboro, dengan waktu tempuh sekitar sembilan menit.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *