Festival Kemerdekaan Pertunjukan Wayang Kulit “Wahyu Purbo Sejati” Dalang Ki M Yusuf Anshori – Kementerian Perdagangan

Festival Kemerdekaan Pertunjukan Wayang Kulit Wahyu Purbo Sejati Dalang Ki M Yusuf Anshori - Kementerian Perdagangan
Festival Kemerdekaan Pertunjukan Wayang Kulit Wahyu Purbo Sejati Dalang Ki M Yusuf Anshori - Kementerian Perdagangan

Jakarta, Jumat (11/8/2023) – Kementerian Perdagangan akan menggelar Festival Kemerdekaan Pertunjukan Wayang Kulit yang menampilkan lakon “Wahyu Purbo Sejati”. Acara ini dijadwalkan berlangsung malam ini di kantor Kementerian Perdagangan.

Pertunjukan Wayang Kulit akan dipersembahkan oleh Dalang Ki M Yusuf Anshori, atau yang lebih dikenal dengan nama Dalang Kondang Viral, berasal dari Gunungkidul. Muhammad Yusuf Anshor Khoirudin, atau Ki Yusuf Anshor, adalah seorang dalang remaja yang berasal dari Padukuhan Jeruklegi, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar. Namanya telah mendunia dalam dunia seni budaya khususnya dalam seni wayang kulit.

Tampil juga dalam pertunjukan ini adalah Sinden Elisha Orcarus, yang telah dikenal sebagai sinden kondang. Elisha Orcarus Allaso telah aktif dalam dunia wayang kulit sejak tahun 2011. Keberadaannya secara konsisten mengenalkan budaya wayang melalui setiap pertunjukan yang dihadirkan.

Selain itu, acara ini akan dihadiri oleh Ulama KH. Gus Miftah, yang dikenal sebagai “Presiden para Pendosa”. Gus Miftah adalah Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman dan telah memiliki pengaruh dalam lingkungan keagamaan dan sosial.

Turut hadir dalam festival ini adalah Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, S.E., M.M., atau yang akrab disapa Bang Zul. Bang Zul dilantik sebagai Menteri Perdagangan pada 15 Juni 2022 oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, ia telah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2019 hingga 2022 dan Ketua MPR periode 2014 hingga 2019.

Festival Kemerdekaan Pertunjukan Wayang Kulit “Wahyu Purbo Sejati” akan disiarkan secara langsung melalui Akun YouTube resmi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia pada tanggal 11 Agustus 2023, dimulai dari pukul 19.00 hingga selesai.

Komentar Netizen:

  • Isnu Sigit Hartanto: Sugeng ndalu, sugeng mirsani pagelaran ringgit purwa. Salam Budaya, Rahayu ingkang sami pinanggih. Budaya Nusantara tetap harum dalam bawana.
  • Ki Tino Pamungkas: Mantap pak Menteri Zulkifli Hasan, yang menjunjung tinggi budaya Jawa, serta Dalang dan Kyai dari NU.
  • Djoemiran Bintaro: Sugeng dalu, sugeng mirsani pagelaran wayang kulit. Salam budaya.
  • Deden Komara: Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ke-78. Semoga Indonesia semakin maju dan masyarakat semakin bahagia serta sejahtera.
  • Wiyono Yono: Assalamualaikum Wr. Wb, memberi pujian kepada Ki Yusuf Anshor atas pagelaran yang lancar, salam budaya dari Wonoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan melalui tautan berikut: https://sedayu.net/2023/08/11/festival-kemerdekaan-pertunjukan-wayang-kulit-wahyu-purbo-sejati-meriahkan-kementerian-perdagangan/

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *