Berita Anak Hilang di Hutan Dlingo: Andi Saputra Selamat Ditemukan Setelah 3 Hari

Berita Anak Hilang di Hutan Dlingo Andi Saputra Selamat Ditemukan Setelah 3 Hari
Berita Anak Hilang di Hutan Dlingo Andi Saputra Selamat Ditemukan Setelah 3 Hari

Sebuah berita mengenai hilangnya seorang anak di Hutan Dlingo telah menggemparkan pada Senin, 7 Agustus 2023. Anak yang bernama Andi Saputra, berusia 15 tahun dan beralamat di Kapingan RT. 02 Temuwuh Dlingo, Bantul, dilaporkan hilang sejak pagi hari tersebut. Andi adalah seorang remaja dari Kalurahan Temuwuh, Dlingo, Bantul.

Dalam perkembangan informasi yang diterima dari BASARNAS YK (IG @basarnas_yogyakarta), Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta mendapatkan laporan mengenai hilangnya remaja tersebut. Operasi pencarian segera dilakukan di Hutan Dlingo, tepatnya di Kelurahan Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Berdasarkan kronologi kejadian yang telah diterima, pada Senin (7/8/2023) sekitar pukul 10.00 WIB, Andi berpamitan dan bertemu dengan tetangganya di tengah perjalanan. Saat ditanya, Andi menyatakan niatnya untuk pergi ke Kali Panjang. Namun, tetangganya merasa bahwa situasi di sana tidak aman dan mengusulkan untuk kembali pulang. Namun, Andi menolak usulan tersebut.

Tetangga yang bersangkutan kemudian melaporkan insiden ini kepada ibu Andi. Sang ibu berusaha mengejar, tetapi jejak Andi hilang. Setelah pencarian, ponsel Andi ditemukan di bawah pohon bambu di sekitar Kali Dong Parang. Meskipun upaya pencarian dilakukan oleh warga setempat, pencarian akhirnya dialihkan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta pada Selasa sore (8/8/2023).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta, Kamal Riswandi, segera mengirimkan Tim Rescue dari Pos Basarnas Gunungkidul untuk berkoordinasi dan melanjutkan upaya pencarian. Meski Tim SAR Gabungan melakukan pencarian hingga pukul 18.00 WIB tanpa hasil, operasi pencarian dihentikan sementara dan dilanjutkan pada hari berikutnya (9/8/2023).

Hari kedua pencarian, tanggal 9 Agustus 2023, BASARNAS memberikan informasi bahwa operasi SAR berlanjut dengan kondisi yang belum ada titik terang. Seorang manusia masih hilang di Hutan Dlingo, tepatnya di Kelurahan Temuwuh, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada hari ketiga pencarian, Rabu, 9 Agustus 2023, pukul 16.00 WIB, kabar gembira datang. Andi Saputra berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di Bukit Watu Putih. Pencarian ini melibatkan berbagai komponen, termasuk SAR, kepolisian, relawan, perangkat desa, dan masyarakat umum. Salah satu relawan, Pantas115, juga turut serta dalam Operasi SAR ini.

Setelah pencarian yang intensif, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan Andi Saputra. Ia ditemukan dalam kondisi selamat di koordinat 07° 54′ 42.7″ S 110° 27′ 19.8″ E, dengan jarak 877 meter dari tempat kejadian. Andi dalam keadaan lemah dan lapar, mengingat bahwa ia sudah hilang selama 3 hari tanpa makan dan minum. Ia segera dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan dan dibawa ke Klinik Mitra Husada untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Dengan ditemukannya Andi Saputra, operasi SAR yang dilakukan atas kondisi membahayakan manusia yang hilang di Hutan Dlingo, Kabupaten Bantul, diakhiri. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari berbagai unsur kembali ke tugas masing-masing setelah penyelesaian misi penyelamatan ini.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *