Diskusi : Tata Kelola Sampah Makanan di Indonesia

Tata Kelola Sampah Makanan di Indonesia
Tata Kelola Sampah Makanan di Indonesia

Denpasar, 02 Agustus 2023 – Pada hari Rabu, 02 Agustus 2023, Forum Diskusi Denpasar 12 telah menyelenggarakan diskusi daring dengan tema “Tata Kelola Sampah Makanan Indonesia” untuk mengatasi masalah produksi sampah makanan di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh berbagai narasumber dan penanggap dari berbagai pemangku kebijakan terkait.

Pada diskusi tersebut, Dr. Lestari Moerdijat, S.S., M.M. (Wakil Ketua MPR RI) memberikan pengantar dengan menyampaikan pentingnya kolaborasi antar pemangku kebijakan untuk mengatasi produksi sampah makanan yang terus meningkat di Indonesia. Menurut kajian Bappenas dan beberapa lembaga lainnya, Indonesia membuang sampah makanan sekitar 23-48 juta ton per tahun pada periode 2000-2019, setara dengan 115-184 kilogram per kapita per tahun.

Narasumber pada acara ini adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, M.M. (Deputi II Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi, Badan Pangan Nasional), yang menjelaskan bahwa upaya telah dilakukan untuk mencegah food loss dan food waste. Food loss biasanya terjadi pada fase produksi, pascapanen, atau penyimpanan hingga pemrosesan pangan. Sedangkan food waste biasanya terjadi pada fase distribusi, pemasaran, dan konsumsi pangan.
  2. Rosa Vivien Ratnawati (Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI).
  3. Prof. Dr. Dwi Andreas Santosa (Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor).

Penanggap pada acara ini adalah:

  1. Yessy Melania, S.E. (Anggota Komisi IV DPR RI).
  2. Khudori (Pegiat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI).

Acara ini diakhiri dengan penutup dari Saur Hutabarat, seorang wartawan senior.

Moderator pada diskusi ini adalah Drs. Muchtar Luthfi A. Mutty, M.Si (Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI), yang telah mengelola diskusi dengan baik dan memberikan kesempatan bagi seluruh peserta untuk menyampaikan pandangan dan solusi terkait tata kelola sampah makanan di Indonesia.

Diskusi ini bertujuan untuk mencari solusi bersama dan mendorong kolaborasi yang kuat antar pemangku kebijakan dalam mengatasi permasalahan sampah makanan di Indonesia. Semoga diskusi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan langkah-langkah konkret untuk mengurangi jumlah sampah makanan yang dihasilkan di negara kita.

Baca juga : Kunjungan Industri dan Table Manner Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 1 Jombang

Terima kasih kepada seluruh narasumber, penanggap, moderator, dan peserta yang telah berpartisipasi dalam diskusi ini. Mari bersama-sama berkontribusi untuk keberlanjutan lingkungan dan kelestarian bumi.

Info via Youtube lestari moerdijat / Tim Forum Diskusi Denpasar 12

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *