Saat ini Revolusi industri telah memasuki babak baru, jarak antar tempat jadi makin sempit, demikian juga jarak antara Produsen dan Konsumen. Penjual tidak lagi hanya menerapkan pendekatan langsung door to door dalam memperkenalkan produknya, tetapi hal ini dilakukan melalui teknologi.
Teknologi utamanya teknologi informasi yang mampu menyentuh hingga membuat konsumen dapat menikmati produk maupun jasa dari produsen ini adalah dengan digital marketing. Digital marketing adalah salah satu upaya atau strategi untuk mempromosikan dan menjual produk, baik barang ataupun jasa yang dilakukan melalui media digital.
Jika kita pernah melihat iklan saat mengunjungi website, social media, TV, atau dengan cara apapun yang memanfaatkan teknologi disebut sebagai digital marketing.
Keuntungan sebuah Perusahaan memanfaatkan digital marketing adalah penargetan pasar menjadi lebih sesuai, Perusahaan bisa menjangkau hampir semua pasar, dari sisi biaya juga lebih murah, serta dapat meningkatkan branding Perusahaan.
Bagi Anda yang menjadi SDM Pemasaran Perusahaan, sudah saatnya Anda mempelajari dan menerapkan digital marketing di Perusahaan Anda. Untuk selanjutnya bagaimana caranya agar menguasai dan dinyatakan qualified dalam digital marketing? Jawabannya adalah melalui pelatihan dan sertifikasi digital marketing.
Sertifikasi kompetensi secara umum adalah suatu pengakuan terhadap kompetensi SDM yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja, dibandingkan dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Di Indonesia, organisasi yang menaungi semua sertifikasi kompetensi kerja, termasuk sertifikasi digital marketing adalah BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). BNSP merupakan organisasi yang independent sifatnya, bertanggung jawab langsung kepada Presiden yang tugasnya mensertifikasi seluruh profesi yang ada di Indonesia.
Pertanyaan berikutnya adalah, jika Anda ingin mendapatkan pengakuan dengan mengikuti sertifikasi digital marketing harus ke mana? Selamat mengoptimasi bisnis Anda dengan menguasai digital marketing.