Artikel

Contoh judul Skripsi ini boleh tidak Ya?

Pak ijin menyampaikan, Apakah tema atau judul Skripsi berikut ini boleh Ya? Sebuah pertanyaan yang umum serta meungkin berulang bagi seorang dosen. Ya wajar-wajar saja karena mahasiswa hanya sekali dalam mengambil skripsi serta berarap tidak mengulang skripsi seperti ulang Mata Kuliah. Wajar karena disemester 7 ataupun 8 memang sudah saatnya mahasiswa selesai Skrpsi serta Lulus. Tulisan ini untuk Pemula ya, dibuat dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami, mengingat banyak pertanyaan berulang bagi saya pribadi.

Di berbagai Blog ada yang menulis contoh tema atau judul Skripsi untuk Mahasiswa Jurusan titik titik, mampu saja anda menggunakan tema atau judul tersebut namun hal ini menjadikan salah paham dalam proses Penelitian. Ya Skripsi adalah bagain dari Proses penelitain yang dituliskan serta nantinya di Publikasikan. Menutut saya, ruhnya Skripsi adalah mengerjakan, meneliti, menguji serta menulis. Bukan tiba-tiba mementukan tema atau judul yang jatuh dari langit.

Berikut ini hanya sedikit Tips saja terkait Langakah menetukan tema atau judul skripsi masuk/tidak (Bukan Contoh tema atau judul Skripsi) serta mampu dikerjakan ataupun tidak.

Pak, tema atau judul Skripsi ini boleh Ya?
tema atau judul Skripsi ini boleh tidak Ya?
Meskipun Secara Teknik bsia ataupun tdiak dikerjakan tergantung pada personal dari mahasiswanya. Secara umum berikut ini langkah praktisnya :

  1. Tema tema atau judul sesuai dengan Minat
    Pastikan minat serta kemampuan ada sesuai tema atau judul dengan tema dipilih jika mampu jangan melenceng jauh. Jika punya kempuan yang komprehensif serta luas hal ini akan lebih baik. Kesempatan bagi mahasiswa semeter 1-6 untuk mengasah kemapuan umum serta teknis supaya lebih terbuka wawasannya. Skipsi mampu menggabungkan multi dispilin ilmu alan lebih baik.

Waktu mengerjakan Skripsi sangat singkat, jika mengerjakan hal yang diluar minat serta kemampuan. hanya 1-2 saja yang mampu mengerjakan sendiri. Skripsi itu butuhnya diselesaikan dengan cepat tidak perlu dengan tema atau judul yang WOW Luar biasa 🙂

  1. tema atau judul tidak Duplikasi
    Pastikan tema atau judul tidak duplikasi dengan tema atau judul yang sudah di Publikasikan di Jurnal ataupun media publikasi yang lain, yang sudah ada. Misalnya ang GRATIS serta mudah mampu di cek https://scholar.google.com/. mampu cek juga dengan Arsip di perpustakaan, Tantangan membaut tema atau judul skripsi baru memang semakin susah karena ada ratusan tema atau judul baru yang ada setiap waktu. Tapi dengan berbagai kemampuan serta triks tema atau judul-tema atau judul skripsi akan tetap mampu unik serta sedikit beda ataupun benar-benar beda dengan tema atau judul yang lain.

Cek tema atau judul lain, Pilih tema atau judul Skripsi Ibarat berkendaran tidak boleh hanya melihat lurus kedepan (menurut pansertagan kita saja) tapi kanan, kiri, belakang mesti diperhatikan. Orang lain sudah mengerjakan apa, catat serta perhatikan. Biar luas wawan kita, seakan-akan ini hal yang benar-baru padaal diluar sudah ada yang memulai dengan hal terkait.

NN

Cek juga sebagai info di contoh tema atau judul Skripsi

  1. Cari Referensi / tema atau judul Lain
    Cari referensi minimal 10 tema atau judul lain yang terkait tema pilihan. Akan lebih baik jika memilih tema atau judul yang banayk dirujuk serta tema atau judul-judl yang terbaru msialkan 5 tahun terakhir. Sebenarnya akan lebih tema atau judul Publikasi akan banyak lebih bagus. Oya dicari download serta baca. Saat skripsi mahasiswa di tuntuk lebih banyak membaca, ambil data serta manarik kesimpulan tidak seperti kuliah umumnya yang cenderung pasif. Seleksi jadi minimal 5 sebagai dasar/Tinjuana Pustaka ini sebagai bekal untuk membuat tema atau judul baru. tema atau judul dibuat berbeda dengan Tijauan pusata tersebut, hal ini yang membaut tema atau judul sebagai tema atau judul baru yang beda. Beda dengan tema atau judul-tema atau judul yang kita tinjau tadi.

Jadi menulis Skripsi juga melihat tema atau judul/Penelitian yang sudah ada, bukan melakukan hal-hal yang baru semuanya.

  1. Tulis tema atau judul Baru serta Konsultasikan
    Tulis alternatif-alternatif tema atau judul baru yang beda dari tema atau judul yang sudah ada jadi sumber tadi (melengkapi, metode baru, pengembangan, penyempurnaan dll) konsulatsi dg Dosen. Sampaikan ke dosen bahwa sudah memelajari tema atau judul-tema atau judul penelitian sebelumnya yang terkait tadi serta memilih alternatif tema atau judul-tema atau judul tersebut. Ya ini kerjaan dosen juga untuk mampu mempepajari akan tema atau judul terseut masuk ataupun tidak, Dosen Pembibing pada umumnya ya mesti akan cari-cari informasi juga. Karena Dosen tidak tau semua hal 🙂

Buatlah Alternatif-alternatif tema atau judul, jangan beranggapan bahwa dengan 1 tema atau judul saja pasti Oke. Skripsi akan selesai jika sudah di Uji bersama.

Baca Juga : Universitas di Yogyakarta Swasta – UMBY

  1. Mulai Studi, membuat Time Line serta menulis
    Buatlah rencana yang perlu cek juga dengan prosedur yang sudah ditentukan di Web. Tiap Kampus punya kebijakan sendiri-sendiri. Misalnya ada Seminar propsal, Pra pendadaran Pendadaran, dll. Cek ya beda lembaga beda mekanismenya, termasuk cara serta mekanisme bimbingan dengan Dosen pembimbing.

Skripsi yang bagus itu jika SELESAI. Skripsi akan selesai jika segera ditulis, dikonsultasikan dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Jika tidak ditulis hanya akan jadi impian saja. Jika lewat waktu maka bablas sesemter berikutnya, ambil serta bayar lagi nambah masa studi.

NN
Mulai studi lebih dalam apakah mampu dikerjakan dalam waktu singkat 2-3 bulan saja. Masa kuliah 1 semster kurangi proses-proses yang lain, target skripsi selesai 2-3 bulan saja. Tulis proposal dg template yg ada, pelajari Sistematika serta cara penulisan yang benar. Misal cara menuliskan Sitasi dengan menggunakan Menu Reference, Mendeley, Zotero, Endnote ataupun Refworks untuk manajemen Sitasi/daftar Pustaka. Ya itu dulu ya, lain kali disambung, ada pertanyaan mampu tulis komentar dibawah ini. Semoga Lancar Skripsinya 🙂

Baca Juga : Menambahkan Reference model/Style IEEE di Microsoft Office dan contoh judul Skripsi