Rute dari Salatiga ke Grabag via Kopeng

Rute perjalanan dari Kota Salatiga ke (Pasar) Grabag salah satunya bisa ditempuh lewat Kopeng. menurut map ini adalah jalur yang terpedek namun rute naik turun yang menantang bonus pemandangan amal yang asik, kaalau terlalu pagi ada potensi jalan berkabut. Jarak Salatiga ke Grabag kota sekitar 34 km melalui jalan ini, jika mulai dari Salatiga jalan akan menanjak terus (tanjakan landai namun terus menerus) hingga (Pasar Desa) Kopeng.

Disarankan naik dari Salatiga ke Kopeng santai saja tidak perlu gas dengan RPM besar, rawan overheat apda mesin. Gunakan Gigi rendah saat naik jalan ini, menanjak sekitar 5-6 km dengan topografi jalan yang miring sekitar 10-30 derajat naik menuju lereng Gunung Merbabu ke arah Kopeng. Jika berkendara pada jalur sebaliknya, posisi turun dari Kopeng ke Salatiga jaga kecepatan dan rem, untuk menhindari kondisi rem blong. Jika dilihat dari topografi dari Salatiga atau juga dar Grabag ke Kopeng naik sekitar 750meter, naik dari ketinggian 690meter ke Kopeng dengan ketinggian sekitar 1400meter. Desa Kopeng ini berada di lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 1.400-1.700 meter di atas permukaan laut.

Rest area Kopeng / seberang Pasar Desa Kopeng merupakan puncak dari jalan ini, merupakan tempat favorit untuk isitirahat dan berbelanja (sajur mayur dan tanamana), yang hobi masak sayur disini surga buat belu sayur mayur dengan harga murah. Sepeti diketahui lokasi Kopeng merupakan tempat yang subur untuk menanam sayu mayur dan buah-buahan. Mayoritas mata pencaharian penduduk disini adalah petani sayur mayur dan buah.

Berikut Gambaran jalan yang dilalui dari Salatiga ke Grabag Panjang sekitar 34km dengan waktu temapuh sekitar 1 jam perjalanan kendaraan

• Jl. Magelang-Salatiga (Jl Utama) sekitar 25km : naik menajka sekitar 5km yang lain relatif landai dan berkelok
  • Perempatan Ngablak, (Jl. Wonosari – Pakis, Lodosewu, Tejosari, Kec. Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56194)
  • Jl Grabag-Kopeng (sekitar 10 km dari Perempatan Ngablak ke Grabag, menyusuri jalan di selatan gunung Andong) : jalan kecil dan turun agak curam m sedikit hingga sekitar Ngasinan
Rute dari Salaliga ke Grabag via Kopeng
Rute dari Salatiga ke Grabag via Kopeng 33km sekitar 1 jam berkendara

Rute selanjutnya adalah dari Kopeng hingga perempatan Ngablak, Magelang jalur ini relatif landai hanya sedikit berkelok kelok karena menyusurui lereng Gunung Merbabu. Jalan berbelok-belok naik turun sedikit saja dan lumayan ramai dengan penduduk (penghuni) ada beberapa pasar kecil yang dilewati disini.

Jika anda pakai kendaraan kecil (mobil kecil) Jalur berikutnya jalan turun dari Ngablak ke Grabag, jalan aspal kecil tidak begitu halus. Meski sempit namun jalan ini masih cukup untuk simpangan kendaraan kecil. Ada beberapa petujuk arah belok ke arah Grabag. Belok dari perempatan Ngablak-Grabak yang Jalur ini sering digunakan sebagai akses jalan untuk masyarakat sekitar dan juga Mobil pengakut sayur yang menuju ke Grabag, Secang, Temanggung atau daerah lain di Magelang bagian utara.

Demikian sekilas Info jalan dari Salatiga ke Grabag via Kopeng, semoga selalu aman lancar di perjalanan. Jika lelah cari tempat yang alman untuk menepi dan berhenti dan istirahlah secukupnya.